sobat

Sobat hidup tidaklah semudah dan seindah yang kita bayangkan, tidak akan ada yang mengeri kita seperti kita mengerti diri kita sendiri. Lihatlah mataku penuh dengan tatapan harapan dan kebahagian, namun di belakangku sudah menunggu kesedihan dan kesengsaraan. Berhentilah mengeluh dan merengek, agar kesedihan dan kesengsaraan yang telah mengantri tuk dihampiri tidak akan lama tinggal dalam kita. Kabarkan kebaikan, keceriaan, dan senyuman, cepat-cepatlah simpan kesedihan, hisap dan ludahkanlah hal-hal buruk yang terpikirkan.GBU

Journey of Souls


“Saya bukan orang yang religius, tetapi saya menemukan bahwa tempat kemana kita pergi setelah meninggal dunia memiliki keadaan dan arah yang satu, dan saya memahami bahwa ada rencana agung bagi kehidupan dan paska kehidupan. Kita kehilangan tubuh dalam kematian, tetapi energi kehidupan abadi kita bersatu dengan kekuatan roh ilahi. Kematian bukanlah kegelapan melainkan terang”
Inilah kesimpulan dari Michael Newton seorang konselor dan hipnoterapis yang dituliskan dalam bukunya “Journey of Souls”  berdasarkan transkip regresi hypnosis terhadap 29 0rang kliennya. Dr. Newton memfokuskan terhadap apa yang terjadi dengan mereka pada saat jeda antar kehidupan yaitu antara kematian sebelumnya sampai terlahir kembali(reinkarnasi).
Tulisan ini adalah lanjutan dari resensi sebelumnya tentang buku ini, karena saya merasa masih banyak pesan yang belum tersampaikan secara utuh dari resensi sebelumnya.
Menyingkap kehidupan lampau dari para subjek adalah hal yang mengagumkan, karenanya Newton menjadi semakin tertarik dengan apa yang mereka katakan tentang masaantarkehidupan. Melalui proses tanya jawab secara seksama, ia mengumpulkan data yang mendukung keyakinan religius yang telah lama dianut, bahwa pikiran atau jiwa tidak mati bersama tubuh, melainkan terus hidup melalui tahapan tertentu sebelum direnikarnasi dalm bentuk  fisik. Sebagian subjek adalah orang yang religius, sebagian lagi tidak, tetapi ia terkejut melihat konsistensi gambaran tentang pengalaman jeda antar kehidupan mereka.
Terkejut karena tidak mati
Journey of souls menampilkan 29 transkip sesi hipnosis, dan mereka membuat buku ini menjadi memikat. Misalnya seorang pria dalam keadaan trans menceritakan moment kematian di kehidupan lampaunya dalam epidemi influenza tahun 1918. Transkip itu mengungkapkan rasa tidak percaya dan takjub pria tersebut ketika ia melayang diatas tubuhnya tepat setelah kematiannya, dan menyadari bahwa sebagai entitas yang berpikir, ia sebenarnya tidak mati: “Ini sangat luar biasa…perawat itu menarik selimut menutupi kepala saya…orang orang yang saya kenal menangis. Saya semestinya sudah mati, tetapi saya masih hidup!”
Subjek kedua Newton adalah seorang pria yang  mengalami gangguan tenggorokan selama bertahun tahun. Pada hipnosis itu, terungkap  bahwa dalam kehidupan terakhirnya di Bumi, ia hidup sebagai seorang wanita bernama Sally yang dibunuh oleh penduduk asli Amerika dalam penyerangan di kereta kudanya pada tahun 1886. Sally tewas karena sebuah anak panah merobek lehernya, dan peristiwa itu bergema kembali dengan jelas dalam kehidupan sebelumnya.
Umumnya jiwa memang terkejut dengan tubuh mati mereka tetapi tidak merasa hancur, karena mereka tidak lagi merasakan kepedihan emosional ataupun fisik sebagai seorang manusia. Tapi terutama jika mereka mati muda, jiwa mungkin tidak siap  meninggalkan kancah kematian mereka selama beberapa hari, ingin mengulurkan tangan dan menghibur orang yang mereka cintai. Pada akhirnya mereka ditarik menuju alam roh beserta cahayanya yang cemerlang, merasakan euforia dan kedamaian yang luar biasa.
Ketika meninggalkan tubuh, subjek Newton merasa bahwa mereka telah pulang kembali ke “rumah”. Perjalanan ke bumi membuat mereka kehilangan kesadaran akan tataran diri mereka sesungguhnya, yaitu sebagai roh. Hal ini sejalan dengn pemikiran Plato, bahwa ketika kita dilahirkan, kita dibuat lupa dari mana asal kita, sengaja diisolasi agar kita bisa sepenuhnya merasakan kehidupan.
Perjalanan menuju penilaian diri
Orang yang memiliki pengalaman nyaris mati sering mengungkapkan bahwa mereka bergerak melalui lorong menuju cahaya yang sangat terang, sebelum ditarik kembali ke kesadaran manusia.  Sudah banyak tulisan mengenai pengalaman seperti ini seperti yang ditulis ole Dr. Raymond Moody, Dr. Kenneth Ring dsb. Tetapi dalam Journey of Souls kita dibawa melampaui titik tersebut untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dengan jiwa ketika ia tiba di alam roh.
Setelah keluar dari lorong, jiwa biasanya didatangi oleh roh pendamping spiritual pribadi (Spirit guide/ malaikat pelindung) untuk membantu mereka melalui peristiwa ini. Yang lain didatangi oleh teman lama atau kerabat yang sudah lama pergi, dan transkip itu mencatat kegembiraan  dan kekaguman subjek karena mereka sebelmnya mengira tidak akan pernah bisa bertemu lagi dengan orang yang mereka cintai. Kemudian dipimpin oleh roh pendamping, tibalah proses analisis kehidupan yang baru saja dijalani, untuk melihat apakah kehidupan tersebut sesuai dengan yang diharapkan sang jiwa sebelum kehidupan itu dimulai. Proses ini mencapai puncaknya  saat subjek dihadapkan pada Dewan Tua-tua, sekelompok entitas superior yang, alih alih memberikan penilaian, justru membiarkan subjek menarik kesimpulan mereka sendiri tentang kehidupan mereka di Bumi. (Karena dunia setelah kematian adalah dunia telepatis, maka jiwa tidak bisa menyembunyikan apa apa dari jiwa yang lain.) Jiwa kemudian ditarik kembali masuk kedalam komunitas tertentu yang sesuai dengan mereka.
Newton mengetahui hal berikut: ” Kelompok yang erat ikatannya ini biasanya terdiri dari jiwa yang berpikiran serupa dengan tujuan yang sama, dan mereka terus bekerja bersama sama. Biasanya mereka memilih  tinggal bersama sebagai kerabat atau teman dekat selama inkarnasi mereka di Bumi”. Dengan demikian, orang yang kita anggap penting dalam kehidupan kita kemungkinan besar juga dekat dengan kita di kehidupan lampau, karenanya kita kadang merasa telah lama mengenal seseorang tertentu meski baru pertama kali berjumpa dengannya. Newton menyertakan diagaram pengelompokan dan bagaimana mereka berinteraksi.
Seberapa besar jiwa bisa menentukan aksi dalam tubuh yang dihuninya? Kesimpulan Newton yang mengejutkan, diambil berdasarkan apa yang dikatakan subjek, tubuh dan pikiran seringkali mengesampingkan apa yang diharapkan oleh jiwa. Kekuatan emosi manusia bisa dengan mudah menundukkan dorongan jiwa atau suara hati. Kata subjek Newton, tidak ada jiwa yang jahat, ego manusia dan lingkungan tempat diri kita beradalah yang sering kali mengambil alih dan mendorong kehidupan kita masuk ke sebuah spiral yang mengarah pada kehancuran.
Juga tidak ada neraka dimana orang didalamnya mengalami penderitaan abadi. Sebaliknya, jiwa yang telah melakukan hal hal buruk dalam hidup dipisahkan dari alam roh utama agar bisa merenung seorang diri. Roh pendamping mungkin akan membantu mereka, melihat kembali dunia yang baru mereka jalani untuk melihat apa yang salah, serta mengevaluasi bagaimana kehidupan mendatang, sesuai karma, bisa memperbaiki kehidupan lampau. Misalnya, jiwa yang pernah menyiksa seorang gadis kecil dalam inkarnasi  berikutnya dapat memilih menjadi wanita dalam lingkungan yang penuh kekerasan.
Tujuan kita
Apa yang hendak dicapai dengan memiliki serangkaian kehidupan? Jiwa, sepertinya, sedang berada dalam tahap pembelajaran yang membutuhkan waktu berabad abad waktu Bumi, dan mereka hanya bisa mengasah diri dengan pengalaman fisik dunia. Jiwa berkata kepada Newton, “Berada dalam banyak raga dan latar belakang yang berbeda beda akan mengembangkan hakikat diri kita yang sesungguhnya.” Karenanya tujuan hidup di Bumi adalah pengembangan pribadi, namun dalam skala yang lebih besar dan lebih teratur dari yang pernah kita bayangkan. Selama berabad abad manusia bertanya tentang apa arti kehidupan, tetapi Newton diberitahu bahwa sebernarnya tujuan kehidupan adalah “aktualisasi identitas jiwa“.
Jika tujuan kehidupan adalah perkembangan jiwa, mengapa kita dilahirkan sebagaimanusia tanpa disertai memori dari kehidupan sebelumnya? Subjek Newton menjelaskan bahwa karena pengetahuan tentang mereka bisa berinterferensi dengan tujuan yang kita ciptakan bagi diri sendiri dalam kehidupan ini. Bagaimanapun juga, roh pendamping kita berusaha memberikan kilasan intuisi pada kita agar terbantu dalam membuat pilihan. Melalui meditasi, atau refleksi, agar kita bisa mengenali arah ini dengan lebih baik dan hidup sesuai dengan apa yang sesungguhnya diinginkan oleh jiwa kita.
Mengapa hidup ini sulit
Newton mengajukan pertanyaan lain yang telah lama menganggu manusia kepada subjeknya: Mengapa Tuhan membiarkan adanya penderitaan? Ia diberitahu bahwa penderitaan memang merupakan bagian dari dunia, karena dalam tataran yang sempurna kita tidak akan belajar apa apa. Keinginan untuk lepas dari kesengsaraan membuat kita berpikir, mencipta, dan berjuang serta karenanya memenuhi potensi kita. Bahkan roh pendamping kita, yang sebagai malaikat pelindung sering menolong kita dengan hal hal kecil, sepertinya akan membiarkah hal hal negatif terjadi karena mereka bisa melihat gambaran yang lebih besar, yaitu apa manfaat positif dari peristiwa tersebut terhadap kita dalam jangka panjang. Itulah cinta sejati. Kebenaran Buddhis yang terbesar adalah bahwa “hidup adalah penderitaan”. Tetapi dalam Journey of Souls kalimat ini memiliki arti baru – Penderitaan tidak diciptakan semata mata demi penderitaan itu sendiri, melainkan untuk mendorong kita naik ke tingkatan yang lebih tinggi melalui ketidakpuasan akan keadaan status quo tersebut. Kehidupan tidak dirancang sedemikian rupa sehingga bisa dilalui dengan mudah. Tantangan, jika kita bisa mengatasinya dengan baik, akan membuat jiwa kita berkembang.
Kehidupan manusia adalah salah satu tugas terbesar yang bisa diberikan jiwa kepada dirinya sendiri, dan dalam dunia roh, upaya yang dilakukan untuk melaksanakan tugas ini sangat dihargai. Newton menyebutkan tentang jiwa yang menawarkan diri melaksanakan tugas kehidupan yang sangat sulit – sebagai seorang wanita Yahudi yang mati pada usia 18 tahun di kamp konsentrasi di Dachau. Dukungan dan hiburan yang  ia berikan kepada sesama tahanan ironisnya menunjukkan bahwa kehidupannya adalah kesuksesan. Para pemandu jiwa kita hadir dalam suara yang ada dalam diri kita, meminta kita mengambil resiko yang lebih besar dan memilih sesuatu yang biasanya tampak seperti jalan yang paling menantang.
Meskipun jiwa adalah hal yang berkenaan dengan Tuhan dan raga adalah hal yang berkenaan dengan manusia, tetap ada kehendak bebas antara keduanya. Mereka yang dalam hidupnya secara konsisten memilih apa yang disebut Emanuel Swedenborg sebagai “yang baik dan yang benar”  juga berkembang sebagai jiwa, sementara yang lainnya hidup hanya untuk memuaskan raga dan  memanjakan emosi destruktif harus kembali ke dunia fisik utuk membuat pilihan yang lebih baik.
Penutup
Selama lebih dari 10 tahun setelah buku ini diterbitkan, buku ini masih menjadi referensi yang paling detail dan jelas mengenai kondisi kehidupan setelah kematian yang didasarkan atas pengalaman individu melalui hypnosis.  Dengan buku ini kita bisa mereferensi dengan study study  lain mengenai pengalaman menjelang kematian (Near Death Experience)  dan ilmu pengetahuan modern mengenai  penciptaan alam semesta, serta pemahaman tentang Tuhan dari para guru spiritual, dan semuanya terlihat keterhubunganyang luar biasa satu sama lain. Buku ini membuka pemahaman kita tentang kehidupan dan kematian, menanamkan gagasan bahwa eksistensi kita di Bumi ini hanyalah salah satu bentuk realitas, dan apa yang kita sebut sebagai dunia roh lebih baik dipahami sebagai realitas yang lebih besar yang mengelilingi dunia fisik.
Pendapat bahwa Bumi adalah salah satu dari sekian banyak tempat di jagat raya  dimana jiwa berinkarnasi merupakan salah satu hal yang mengejutkan dari buku ini. Bahkan cenderung semakin menarik bila dibaca lebih lanjut. Jika kita bisa menjaga pikiran kita tetap terbuka, buku ini akan menjadi salah satu dari banyak judul buku spriritual yang mengejutkan kita.

Saat ini, buku Journey of Souls juga diterbitkan dengan judul Keabadian Jiwa.

6 komentar:

  1. Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada MBAH atas nomor yang MBAH
      beri 4 angka [9954] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus MBAH.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu MBAH. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan MBAH..
      sekali lagi makasih banyak ya MBAH… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi MBAH BARATU,,di no (((082-188-077-422)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 670 JUTA , wassalam.

      Hapus
    2. ASSALAMU,ALAIKUM NAMA SAYA (IBU DITA ) TKW DI SINGAPURA
      Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataan nya…
      Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 275 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama AKI SOLEH PATY di Nomor Telpon (085_244_669_169) di jamin bantuan beliau 100% …
      INILAH JENIS PESUGIHAN BANTUAN DARI AKI SOLEH PATY
      1.PESUGIHAN
      2.TOGEL 2D-3D-4D-5D-6D
      3.DANAH GHAIB
      4.PENGGANDAAN UANG
      5.UANG BALIK
      6.PEMIKAT
      7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
      8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
      Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan saya di SINGAPURA semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
      Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi AKI SOLEH PATY di nomor (085-244-669-169) Anda tidak usah ragu atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi atas bantuan nya aki wassalam

      Hapus
  2. Buku bagus Artikel yang sangat bermanfaat

    BalasHapus

Budayakan Komentar yang Bermutu