sobat

Sobat hidup tidaklah semudah dan seindah yang kita bayangkan, tidak akan ada yang mengeri kita seperti kita mengerti diri kita sendiri. Lihatlah mataku penuh dengan tatapan harapan dan kebahagian, namun di belakangku sudah menunggu kesedihan dan kesengsaraan. Berhentilah mengeluh dan merengek, agar kesedihan dan kesengsaraan yang telah mengantri tuk dihampiri tidak akan lama tinggal dalam kita. Kabarkan kebaikan, keceriaan, dan senyuman, cepat-cepatlah simpan kesedihan, hisap dan ludahkanlah hal-hal buruk yang terpikirkan.GBU

Cara ganti filter solar innova

Khusus untuk Kijang Innova bermesin diesel, peran filter sangat penting untuk menjaga komponen utama awet dan bekerja pada kondisi prima. Pada saringan solar terdapat sedimenter dan pompa tangan (prime pump). Masing-masing punya tugas!
Filter mencegah kotoran masuk pompa pasokan bahan bakar (supply pump). Sedimenter mengumpulkan kotoran dan air yang dicegah masuk oleh filter. Adapun pompa tangan untuk membuang angin pada sistem bahan bakar, setelah elemen diganti atau bila kehabisan solar.
Membuang air pada sedimenter atau mengganti elemen saringan solar bisa dilakukan sendiri, meski cara terbaik adalah menyerahkannya ke bengkel Toyota langganan Anda. Nah, kalau ingin mengganti atau buang angin sendiri, ini tahapannya.
Membuka

  1. Copot terminal negatif baterai.
  2. Longgarkan tutup tangki solar (untuk mengurangi tekanan dari tangki).
  3. Copot soket konektor saklar lampu indikator.
  4. Copot selang yang dihubungkan ke saluran masuk filter
  5. Pasang selang di saluran pembuangan bahan bakar dan buang kotoran di dalamnya.
  6. Longgarkan mur penahan pakai obeng dan buka dengan tangan.
  7. Buka tutup filter solar.
  8. Keluarkan elemen saringan dari tempatnya.
  9. Buka O-ring.
Memasang
  1. Pasang 3 O-ring baru pada elemen baru dan wadahnya.
  2. Pasang elemen filter baru dan tutup filter pada wadahnya.
  3. Kencangkan mur penahan. Mur dipastikan sudah kencang bila tandanya sejajar.
  4. Hubungkan selang pada saluran masuk filter.
  5. Kencangan tutup tangki solar.
  6. Pasang kembali terminal negatif baterai.
  7. Jangan pasang konektor indikator filter dulu.
Mereset
  1. Kunci kontak “ON”. Saat ini konektor indikator pada filter belum boleh dipasang.
  2. Pasang konektor indikator filter 3-60 detik setelah kunci kontak ON.
  3. Tiga detik setelah langkah kedua, lampu saringan akan mati. Resetnya pun selesai.
  4. Setelah filter diganti dilanjutkan dengan membuang angin melalui pompa tangan (prime pump) dengan menekannya beberapa kali sampai dirasakan ada tahanannya.
  5. Setelah itu hidupkan mesin. Periksa sekali lagi seluruh sistem bahan bakar dari kemungkinan kebocoran.




Dear all :

Ini foto foto saat filter solar diganti setelah dipakai sekitar 20.000 Km

Solar yg digunakan : biosolar SPBU Bimoli Pluit + 20% DEX atau 20% Shell

Racun : MCB Maroon G3 atau ADF / ACB + MMO 50 - 70 ml tiap isi solar.

Sampai dengan 19.000 Km mesin masih normal, hanya seminggu terakhir ini getaran mesin terasa cukup signifikan dan kemarin malam saat stasioner sudah hampir tidak rata spt stasionernya Truk Fuso.

Sedang utk Fuel Cons. masih sgt baik, semingguan terakhir utk Dalkot bisa dapat 1:11,6

Di foto Tingkat penetrasi endapan terlihat bagaimana sisi luar sudah sgt kotor, sementara di sisi dalam masih agak bersih.

Ane sertakan juga foto perbedaan antara filter solar genuine dan filter solar Kw.

Demikian report


Filter solar


Dilihat dari atas



Dilihat dari dekat



Tongkat penetrasi endapan (yg bagian luar terlihat lebih kotor)



Filter solar ori (kanan) vs. Kw


sumber

6 komentar:

Budayakan Komentar yang Bermutu