sobat

Sobat hidup tidaklah semudah dan seindah yang kita bayangkan, tidak akan ada yang mengeri kita seperti kita mengerti diri kita sendiri. Lihatlah mataku penuh dengan tatapan harapan dan kebahagian, namun di belakangku sudah menunggu kesedihan dan kesengsaraan. Berhentilah mengeluh dan merengek, agar kesedihan dan kesengsaraan yang telah mengantri tuk dihampiri tidak akan lama tinggal dalam kita. Kabarkan kebaikan, keceriaan, dan senyuman, cepat-cepatlah simpan kesedihan, hisap dan ludahkanlah hal-hal buruk yang terpikirkan.GBU

Cara Bersihkan Mika Lampu Mobil

Headlight/Lampu depan mobil adalah bagian vital dari mobil..sebagai penerang pada waktu mengemudi di malam hari, dan sebagai 'mata' dari mobil anda., jika 'mata' mobil anda tidak lagi seterang dan sejernih dahulu kala, maka sudah saatnya kita memberi sentuhan pada bagian mobil yang penting, tetapi sangat jarang mendapat perhatian ini..

Seiring dengan waktu dan usia mobil, headlamp lama kelamaan menjadi buram, bagian dalamnya menjadi kehitaman,bahkan reflektornya berkarat/terkelupas bagian chrome nya..

untuk itu headlamp harus dibersihkan... mudah jika membersihkan bagian luarnya, tetapi apa yang terjadi jika sumber buram.kabut hitam berasal dari bagian dalam headlamp?
Tentu harus dibuka,dan dibersihkan... Sebenarnya hal ini mudah jika tersedia peralatan yang cukup di rumah anda.
Berikut ini sekedar panduan dan tips untuk mencuci headlamp:

* Sediakan peralatan yang akan dibutuhkan seperti Hot air Gun, atau Hair Dryer berkekuatan 500 watt keatas, tang, obeng -,+ dan kunci2 secukupnya.

*Buka Engine hood/kap mesin mobil, amati bagian 2 yang perlu dibuka, posisi baut2 pemegang headlamp dan tingkat kesulitan yang kira2 akan terjadi. Buka terlebih dahulu batere mobil, kalau hal itu akan mempersulit proses pengerjaan. Mulai dengan membuka grille depan mobil, untuk mempermudah akses keluar masuk batok lampu.

*Pada beberapa mobil, khususnya sedan keluaran 90 keatas, baut pemegang lampu terkadang 'ngumpet' di belakang lampu sein samping.untuk itu lampu sein samping perlu dibuka terlebih dahulu. Pelajari baik2 cara membukanya, karena bagian ini terbuat dari plastik, jika asal tarik, akan mudah patah.. Beberapa merk seperti mitsubishi tidak menggunakan baut/skrup, melainkan menggunakan sistem per untuk menahan batok lampu sein pada dudukannya.

*setelah kedua lampu terlepas dari dudukannya, buka terlebih dahulu socket lampu. terkadang ada bagian dari socket yang harus ditekan agar socket dapat terlepas. setelah itu lanjutkan dengan melepas bohlam Halogen yang terpasang pada batok lampu. AWAS, jangan memegang bagian kaca dari bohlam, karena akan memperpendek usia lampu. Tangan dan jari kita mengandung minyak, sehingga penyebaran panas tidak merata di seluruh bagian bohlam, yang menyebabkan kaca bohlam pecah.

*Panaskan sambungan antara batok lampu dengan kaca/mika dengan Hot air gun atau Hairdryer. jangan terlalu lama, pastikan panas telah merata sekeliling batok lampu.

*cungkil bagian sambungan antara batok dan kaca/Mika dengan scrapper/kape. perlahan2, jangan sampai kaca pecah..jika sealant yang menyekat kedua bagian tersebut sudah mengeras kembali,panaskan kembali seluruh bagian yang tadi sudah dipanaskan.

*Setelah kaca terlepas, cuci kaca/mika dengan deterjen. bila cover lampu terbuat dari acrylic, jangan disikat, cukup di lap dengan kain/busa.

*Lanjutkan ke bagian batok lampu dan reflektor. Bagian reflektor jangan disikat,cukup dengan kain bersih basah.jangan terlalu kuat menggosoknya,karena akan mengakibatkan baret2 halus pada permukaannya. Jika reflektor mulai berkarat, amplas dengan amplas no. 1000, kemudian lapisi dengan alumunium foil yang bagian belakangnya berperekat (bisa di dapat di toko2 yang menjual perlengkapan AC/kulkas

*setelah semua bersih, keringkan bagian2 tadi dengan lap bersih. bagian reflektor harus agak dicermati, karena serabut2 dari lap kadang tertinggal pada bagian itu. Panaskan dengan hot air gun/hairdryer untuk menguapkan sisa2 air yang tertinggal. Jangan terlalu dekat karena bagian2 reflektor dll dapat meleleh karenanya.

*Pasang kembali Mika/kaca lampu, setelah sebelumnya memanaskan sealant di sekeliling batok lampu. Tekan perlahan sampai posisi kaca/mika kembali ketempat semula. Pasang kembali klip2 pemegang batok lampu di posisi semula. (kadang klip2 pemegang ini warnanya sudah teroksidasi, atau terkena semprotan cat. untuk menghilangkan oksidasi dan cat yg menempel, bisa direndam selama 15 menit dalam larutan pembersih lantai, kemudian disikat dnegan sikat gigi.

*Pasang kembali bohlam Halogen.

*Pasang kembali kedua batok lampu,pastikan tidak ada baut tertinggal. pasang socket lampu

*hidupkan lampu, cek apakah lampu jauh (beam) dan lampu dekat serta lampu senja menyala dengan baik

*pasang kembali grille dan mika2 lampu sein/lampu senja.

*Agar sinar lampu lebih optimal, perlu ditambah relay set,gunanya mempersingkat jalur kelistrikan lampu dan memperingan beban switch lampu.

3 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus

Budayakan Komentar yang Bermutu