sobat

Sobat hidup tidaklah semudah dan seindah yang kita bayangkan, tidak akan ada yang mengeri kita seperti kita mengerti diri kita sendiri. Lihatlah mataku penuh dengan tatapan harapan dan kebahagian, namun di belakangku sudah menunggu kesedihan dan kesengsaraan. Berhentilah mengeluh dan merengek, agar kesedihan dan kesengsaraan yang telah mengantri tuk dihampiri tidak akan lama tinggal dalam kita. Kabarkan kebaikan, keceriaan, dan senyuman, cepat-cepatlah simpan kesedihan, hisap dan ludahkanlah hal-hal buruk yang terpikirkan.GBU

Cara Gulung Dinamo Tamiya



Sebenarnya soal melilit dinamo tamiya itu mudah,rahasianya hanya ada di dalam cara melilitnya.cara melilitnya sebenarnya hanya dibutuhkan kerapatan yang cukup.untuk kelas tune up sebaiknya memakai lilitan 0,45 - 0,8 mm.magnet pun berbeda-beda karakternya,untuk 0,45 - 0,6mm sebaiknya memakai magnet tipis untuk menyetabilkan arus listrik,untuk diameter kawat diatas 0,6 dianjurkan memakai magnet tebal untuk menambah torsi dinamo tsb.intinya semakin banyak lilitan semakin besar pula torsinya(speed rendah), dan sebaliknya.
saya anjurkan setelah melilit supaya lilitan tsb dilem menggunakan ALTECO (he...he... bukan promosi lho..) agar lilitan tsb tidak renggang saat dinamo berputar akibat gaya sentrifugal.

Perbandingan lilitan dan kuat arus :
I1={N2/N1}x I2 ; untuk N= banyaknya lilitan, I kuat arus. jadi I=V/R berarti bisa you itung sendiri khan, besar lilitan yg dibutuh kan dengan mengetahui volt batre dibuat tetap, sedang tahanan yg berubah.
perlu diperhatikan juga, apabila putaran yg di hasilkan dinamo besar akan tetapi akan berpengaruh terhadap ketahanan magnet. akibat panas yg dihasilkan.

(12 lilitan)




biar saya berikan penjelasan
pertaman cari kawat ukuruan 0.5 kemudian anda gulugn kawat di dinamo tersebut dengan gulungan mencapai 12 gulung untuk 1 kilik, dan tiap masing masing 3 kilik anda harus 12 gulungan, dan selesai. kemudian gulung lagi ke awal sekitar 10 gulungan, berarti dalam 1 kilikan anda mendapat 22 gulungan dari yang pertama dan yang ke dua. 
artinya kawat tersebut menjadi dua lapis. ingat dua lapis. ingat anda menggulungnya dua lapis. ... saya tau ini dari salah satu toko yang menjual dinamo tamiya dan gulungan dari toko tersebut dan saya sudah coba dan ternyata kecepatanya wow kereennn abiss dehhhhhh


16 komentar:

  1. tlong dong gan diberi gmbarny biar lebih jelas



    mhon bntuanya gan trims,,,,,,,,,,;-)

    BalasHapus
  2. 0,5 mm...12 lilit ...naik ke spul...dililit lagi di luar 10 lilit...lalu naik ke spul yang kedua.
    bentuk harus piramid ya?

    BalasHapus
  3. kalo speednya nambah batrenya biar awet caranya gmn? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kekuatan batrenya !

      Hapus
  4. it pkek angker brapa mili gan?

    BalasHapus
  5. Maap salam knal....klau warna kawat ada pengaruhnya gan?

    BalasHapus
  6. kaka beli dimana tamiya yah ???

    BalasHapus
  7. Ada info baru lagi gak gan

    BalasHapus

Budayakan Komentar yang Bermutu