Bagi yang bingung dengan jenis-jenis suzuki APV, mari kita bedah lebih jauh generasi APV dari awal sampai generasi terakhir
Gen 1 , ( 2004 - 2008 ), susupensi masih menggunakan per daun dibelakang ,ada beberapa type :
GA : strata terendah, bumper tidak dicat, velg masih kaleng , tidak memakai
power window, central lock, tidak ada ornamen chrome sama sekali
pada grill depan dan pintu bagasi, tanpa AC, tanpa tape, tanpa power
steering, tanpa audio player. Ban 185R14C
GE : sama dengan GA , tetapi sudah power steering, ada tape, central lock.
AC single blower. ( tipe ini dikeluarkan pertengahan tahun 2007 )
GL : sama dengan GA tetapi sudah ada AC tetapi single blower
sudah ada power window, ada central lock, tape (cassett), power
steering.Velg sudah aluminium Ban 185/80R14
GX : sama dengan GL, tetapi : AC double blower, electirc mirror, ada
ornamen chrome pada kap mesin dan pintu bagasi, velg sudah
aluminium, ban 195/65/R15
Keyless entry.
GA : strata terendah, bumper tidak dicat, velg masih kaleng , tidak memakai
power window, central lock, tidak ada ornamen chrome sama sekali
pada grill depan dan pintu bagasi, tanpa AC, tanpa tape, tanpa power
steering, tanpa audio player. Ban 185R14C
GE : sama dengan GA , tetapi sudah power steering, ada tape, central lock.
AC single blower. ( tipe ini dikeluarkan pertengahan tahun 2007 )
GL : sama dengan GA tetapi sudah ada AC tetapi single blower
sudah ada power window, ada central lock, tape (cassett), power
steering.Velg sudah aluminium Ban 185/80R14
GX : sama dengan GL, tetapi : AC double blower, electirc mirror, ada
ornamen chrome pada kap mesin dan pintu bagasi, velg sudah
aluminium, ban 195/65/R15
Keyless entry.
Gen 2 disebut APV Arena (mulai 2008 akhir), sudah menggunakan per spiral yang berimbas pada kenyamanan penguni bangku belakang dan manufer lebih mantab. Dan arena di klaim jauh lebih irit dari generasi terdahulunya dengan menggunakan sistem injeksi
GX: sama dengan generasi sebelumnya cuma beda di suspensi belakng, tidak ada captain seat, tidak ada list chrome pada handle pintu, spion, grill depan hanya ada ornamen chrome dibagian atas saja.
SGX: dashboard lebih mewah, untuk bangku row 2 tersedia captain seat (SGX),sudah tersedia MP3 player, lampu depan dan belakang lebih besar, grill depan lebih elegance dan sporty, bumper depan dan belakang lebih dynamis, list chrome pada handle pintu spion, grill depan
Luxury: Yang paling menonjol jelas pada sisi eksterior. Grill depan misalnya. Jika pada APV Arena front grill berbentuk tiga baris, maka pada Luxury ada 4 baris grill beraksen krom. Begitu pula dengan front bumper. Bila pada Arena SGX bumper ini rata dengan grill, maka pada Luxury bumper depan tampak maju dengan garis-garis dan lekukan tegas. Kesan sporty elegant muncul disisi ini.
Beranjak ke bagian samping, penggunaan side skirt yang sebelumnya tidak ada pada Arena SGX, kini dihadirkan di Luxury. Mobil jadi terlihat lebih rendah meski ground clearance tetap sama dengan Arena, yakni 175 mm untuk versi transmisi manual, dan 170 mm untuk yang automatik.
Beralih kebelakang, lagi-lagi sosok sporty elegant muncul. Rear upper spoiler yang lebih tinggi dan lebih panjang dari Arena, serta bumper yang lebih menjuntai kebawah, membuat MPV dengan panjang 4.225 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.855 mm ini "naik kelas" dari sang kakak, Arena.
Penggunaan parking sensor dan muffler extention yang dilebur warna krom, serta pilihan pelek alloy 17 inci, membuat mobil ini tampil lebih mewah dari Arena.
Sayangnya, penambahan atribut pada eksterior tak lantas diimbangi dengan mendongkrak penampilan kabin serta kinerja mesin. Interior Luxury masih sama dengan Arena. penggunaan jok captain seat pada baris kedua yang dipadu head unit double din sebagai piranti hiburan, ternyata masih saja betah bercokol di kabin Luxury.
Begitu pula dengan jeroan mesinnya. Masih saja menggunakan engine G15A 1.500 cc 4 silinder 16 valves MPI (Multi Point Injection), yang sama dengan yang ada pada Arena. Hasilnya, semburan tenaga sebesar 105 ps pada 6.000 rpm, dan torsi 126 Nm pada 3.000 rpm, masih sama dengan Arena.
Kaki-kaki juga tidak banyak berubah. selain upgrade ukuran velg, untuk suspensi, Luxury masih mengandalkan Mac Pherson Strut dan Coil Spring.
Beranjak ke bagian samping, penggunaan side skirt yang sebelumnya tidak ada pada Arena SGX, kini dihadirkan di Luxury. Mobil jadi terlihat lebih rendah meski ground clearance tetap sama dengan Arena, yakni 175 mm untuk versi transmisi manual, dan 170 mm untuk yang automatik.
Beralih kebelakang, lagi-lagi sosok sporty elegant muncul. Rear upper spoiler yang lebih tinggi dan lebih panjang dari Arena, serta bumper yang lebih menjuntai kebawah, membuat MPV dengan panjang 4.225 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.855 mm ini "naik kelas" dari sang kakak, Arena.
Penggunaan parking sensor dan muffler extention yang dilebur warna krom, serta pilihan pelek alloy 17 inci, membuat mobil ini tampil lebih mewah dari Arena.
Sayangnya, penambahan atribut pada eksterior tak lantas diimbangi dengan mendongkrak penampilan kabin serta kinerja mesin. Interior Luxury masih sama dengan Arena. penggunaan jok captain seat pada baris kedua yang dipadu head unit double din sebagai piranti hiburan, ternyata masih saja betah bercokol di kabin Luxury.
Begitu pula dengan jeroan mesinnya. Masih saja menggunakan engine G15A 1.500 cc 4 silinder 16 valves MPI (Multi Point Injection), yang sama dengan yang ada pada Arena. Hasilnya, semburan tenaga sebesar 105 ps pada 6.000 rpm, dan torsi 126 Nm pada 3.000 rpm, masih sama dengan Arena.
Kaki-kaki juga tidak banyak berubah. selain upgrade ukuran velg, untuk suspensi, Luxury masih mengandalkan Mac Pherson Strut dan Coil Spring.
penampakannya
Aku demen banget apv. Aku punya tipe L maklum dana cekak. Mudik lancar 8 anggota keluarga masuk semua plus ketupat opor aqua galon sandal sepatu he he. Luas dan mantap plys irit itu tujuan kami maklum KB alias keluarga besar anak 4 menantu cucu 2. Tapi kasian jok belakang panas terutama siang maklum single blower. Ada rencana naik klas ke GX atau SGX. Apv memang jagonya mobil keluarga. Gak promo lho. Aku pake hampir 3 th no problem. Ngacirrrr
BalasHapusAku juga pake APV type L. APV adalah mobil pilihan tepat. Terbukti paling irit dari mobil lain meski bodinya besar dan multifungsi. Karena aku hobi sepeda di gunung. Bisa buat loading masukin 3 sepeda polygon sekaligus. Mantab. www.damaruta.blogspot.com
BalasHapusMaaf, ane baru dapet apv x 2005 (bukan arena), ternyata sistem udah injeksi, padahal termasuk gen 1, pernyataan di atas kalo hanya gen 2 yang sistem injeksi tdk sepenuhnya benar.
BalasHapusMaaf nih ya, kayaknya tidak ada tertera gen 1 non injeksi. Hanya saja TS bold yang gen2 kayaknya.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusmaaf tanya , tipe X itu yg dimksud GX ?
BalasHapusBeda Gan
HapusTipe X dan GX itu sama aja , masuk ke arena barulah jadi GX serta type L menjadi GL ,nah type A menjadi GA sementara si GE dri awal kemunculan nya sudah pake huruf G
HapusKlu type DLX itu sm dgn apa?mohon petunjuk
HapusGX /X .. Sami Mawonπ
HapusDLX ... LUXURY / FAST LIFTπ€
HapusπΏπππ’π πππ’π ππππ π³π»π πππππ ππππ ππΆπ πππππππ ππππ ππππππ’π πππππ ππππ ππππ πππππ ππππππ
HapusAku punya APV GX Arena 2010,Alhamdulillah buat mudik Klaten Ngacir,nyaman Anak 2 Tidur dua2 nya Dari Cikampek bangun sampai semarang.Pokoknya Apv NYAMAN
BalasHapusDari jakarta klaten brp bbm habisnya ?
BalasHapuskalau type DLX 2006 sama dgn type yg mana ya ?
BalasHapusDlx 2006 dan 2007 sudah gak pakai per daun, lebih irit dari type x , jadi dlx sama dgn gx pada keluaran 2008 dan seterusnya
HapusSGX π
HapusSaya pake apv 2006 matic di bawa mudik dari pekanbaru ke jakarta mantap tarikannya dan irit bgt,1 trip hanya habis 650rb pertalite
BalasHapusPake tipe apa gan?
HapusTambahan Type GL sama nya dengan type GE hanya tambahan velg alloy ,power window ,audio tape 4 speaker ,dan satu lagi rear wiper.. koreksi juga ,seluruh mesin apv baik dari thn 2004 itu sudah injeksi , yg bikin claim arnena lebih irit itu torsi nya dikurangi serta nafas antara tiap gigi nya dibuat panjang...
BalasHapusApv joos
BalasHapusklo tipa A tiu apa ya?
BalasHapusklo type A itu ada ya?
BalasHapusApv 2006 udah arena blm ya
BalasHapusApv 2013 tipe gl udah ada doule .blower belum??
BalasHapusBelom yaa masih single
HapusKira2 klo apv 2008/2009 gx berapa harga secondnya yyy?
BalasHapusKira2 klo apv 2008/2009 gx berapa harga secondnya yyy?
BalasHapusSaya perjalanan darat pertama kalinya dari jakarta ke medan menggunakan APV tipe GL thn 2012 aman lancar gak ada kendala dan cukup bisa diandalkan melibas tanjakan dan manuver terutama di daerah Riau sampai Sumut dengan 2 orang dewasa dan 5 orang anak, 3 koper, 4 kardus, galon, dll...muat semuanya seperti rumah berjalan he he...total BBM sekitar 1,3jt(campur pertamax dan kadang pertalite) dijamin mantabz gan, tahun depan kami berencana mau mudik darat ke medan lagi...mudah2an masih aman dan semakin terpercaya kualitas Suzuki APV arena
BalasHapusortu sy pemakai APV tipe x 2006 sdh 3 tahun. daya tahan mesinnya luar biasa, jalan 140 kmh msh enteng. tanjakan telaga sarangan bukan apa". bahkan granmax msh kalah jauh soal durabilitasnya. saat ini kilometer baru 235.000 an. part berat hanya ganti kampas kopling 1x + matahari, timingbelt + vanbelt, ballnjoint + tierod. lainnya no problem gk ada mslh. memang 1 minusnya apv itu agak boros dibanding granmax. Suzuki APV Durabilitas Luar Biasaaa
BalasHapusbaru dpt type L tahun 2005,, Irit suka aja interiornya lega,mantap pokonya
BalasHapusAPV saya tipe X thn 2005 paling banter dalam kota 1 liter = 9 km , luar kota 1 liter = 11 liter,catatan dengan rpm dibawah 3000, apakah suspensi depan APV, bisa di subtitusi dengan mobil futura atau yg lainnya, agar lebih empuk? mohon informasinya
BalasHapusKl Apv DLX AT 2008 itu masuk yg mana ya? Udh double blower.thx
BalasHapusDlx sama dengan gx , beda penulisan di STNK saja
HapusAlhamdulilah...baru memiliki APV gl 2013 .terimakasih saling berbagi informasi.agar kita tau kelebihan dan kekurangan ketika perjalanan panjang.luar kota salam APV..smoga berkah,
BalasHapusPunya ane GL thn 2005. Rata-rata konsumsi BBM Pertamax (kita kan orang mampu non subsisidi π) 1 ltr = 10Km rpm tinggi ataupun rendah.
BalasHapusWalaupun suspensi belakang masih pakai per daun tapi beban berat mobil masih tegap gak nyapu aspal. Hehehe
Salam Pengguna APV semua
Tipe apa aja yang masih pakek per daun om..?
BalasHapusTipe GX ada yang masih pakek per daun ngk om..?
Saya punya apv thn 2007 buat mudik jakarta-wonogiri lancar jaya tidak ada gendala nyaman,lega buat tanjakan ok
BalasHapusSukses apv
mas mau tanya apa dudukan bemper depan apv sgx sama yang luxury sama?
BalasHapusSama , bila bosan bisa gonta ganti penampilan depan , tinggal beli saja
HapusApv X klebihan dan kekurangany apa za,,,mksh
BalasHapusAlhamdulillah...APV ArenaGX rilisan Th.2012 sampai sekarang belum nemuin kendala berarti. tanjakan kalau momentnya dapet bisa main di transmisi 2atau3,asal diperhatikan indikator rpm_nya biar mesin engga kehilangan"nafas". #mohon koreksi kalau ada yang kurang(karena berdasarkan pengalaman)
BalasHapusπ€π€
BalasHapusApv gx sama dlx sama g si ya bos
BalasHapusMbilku gx tp type di stnk ko dlx ya apa emang sama ?
Sama
HapusSama
HapusBaru dapat type L tahun 2007 belum tau plus minus apa...
BalasHapusMohon bimbingan apa aja yang perlu diperhatikan buat kenyamanan mudik
Saya punya APV tipe A 2005 tp sudah pakai Ac double blower dan masih ada sertifikat dari jepangnya, lagi kefikiran mau dijual mau ganti yg tahun lebih muda. kira kira kalau dijual laku brp ya?
BalasHapusMasalah shock depan bisa subtitusi merek apa soalnya sudah kurang nyaman sekali
BalasHapuskendala umum tipe gx itu apa ya gan,rencana mau beli sebagai mobil pertama,butuh masukan
BalasHapusKarena sopir duduk diatas roda depan , jadi tidak senyaman mengemudikan jenis sedan
BalasHapusKalo punya sya THN 2011 tipe gl tp di BPKB SMA STNK kok dlx at ya..,?
BalasHapusTp lht dari interior,perseneling,bagian mesin GK ada rubah2an semua msh rapih..
Kalau sy punya type di stnk DLX tp tahun pembuatan 2⁰04, sdh PS, single blower, central lock n power window. Itu kira2 masuk type apa ya gan?
BalasHapusApv saya gx 2012 nyaman mesin halus , getaran minim....pokoknya jooss apv nya
BalasHapusSaya punya apv 2004 GL manual?
BalasHapusTapi di STNK dan BPKB kok tipenya DLX AT ya???
Padahal kan manual..
Mohon penjelasannya dong, bagi yang mengerti
Bosku sy baru meminang apv 2006 tipe dlx,rencana ganti kampas kopling set,kalau di kasih kampas utk apv arena masuk gk ya?
BalasHapus