sobat

Sobat hidup tidaklah semudah dan seindah yang kita bayangkan, tidak akan ada yang mengeri kita seperti kita mengerti diri kita sendiri. Lihatlah mataku penuh dengan tatapan harapan dan kebahagian, namun di belakangku sudah menunggu kesedihan dan kesengsaraan. Berhentilah mengeluh dan merengek, agar kesedihan dan kesengsaraan yang telah mengantri tuk dihampiri tidak akan lama tinggal dalam kita. Kabarkan kebaikan, keceriaan, dan senyuman, cepat-cepatlah simpan kesedihan, hisap dan ludahkanlah hal-hal buruk yang terpikirkan.GBU

Cara Paralel Mobil Bertransmisi Matik

Memarkir Paralel Mobil Bertransmisi Matik

Ada kejadian menarik yang dapat kita jadikan pelajaran berharga. Seorang pengemudi tak bisa mengeluarkan mobil yang tengah ia parkir di sebuah pusat perbelanjaan. Pasalnya, mobilnya “terhimpit” di antara mobil yang sama-sama sedang parkir paralel. Mobil yang menghimpit sama sekali tidak bisa digeser karena pemiliknya mengaktifkan handbrake. Terpaksa harus menunggu sampai pemiliknya datang.

Di setiap lahan parkir yang sempit, pola parkir yang diterapkan biasanya memang parkir paralel. Dengan pola ini, bagian depan mobil bertemu bagian belakang. Untuk memudahkan mobil keluar masuk, saat parkir mestinya tidak menggunakan handbrake supaya dapat digeser-geser. Petugas parkir biasanya berusaha mengingatkan, tetapi ada saja satu atau dua pengendara yang lupa.

Pada mobil bertransmisi matik, kemungkinan roda-roda mobil terkunci saat parkir akan lebih besar lagi dibanding yang bertransmisi manual. Bukan saja karena pengendaranya mengaktifkan handbrake, tetapi karena ada kemungkinan mereka belum tahu fungsi tombol SHIFT LOCK. Terutama, pada mobil bertransmisi matik yang sudah dilengkapi tombol SHIFT LOCK.

Di semua transmisi matik memang ada posisi “P”, yang berarti “parkir”. Ketika tuas berada di posisi ini, otomatis roda-roda terkunci. Pada mobil matik keluaran baru ada tambahan tombol SHIFT LOCK. Jika tidak tahu fungsi tombol ini, kemungkinan besar pengendara akan bingung memarkir mobil tanpa membuat roda-rodanya terkunci. Berbeda dengan transmisi manual atau matik yang belum dilengkapi SHIFT LOCK, jika tuas transmisi ditempatkan ke posisi N (netral), pasti kunci kontaknya tidak bisa dicabut. Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK ini. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral. Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas sehingga bisa digeser dan tidak merepotkan pengendara lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini langkah-langkahnya:

1.Geser transmisi ke posisi “P”,
2.Matikan mesin.
3.Cabut kunci kontak.


parkir parallel biar bisa di dorong sama tukan parkir

4.Pencet dan tahan tombol SHIFT LOCK yang ada dekat tuas transmisi, sambil memindahkan tuas ke posisi NETRAL. Setelah di posisi netral, baru lepas tombolnya.
5.Jangan lupa, hand brake tidak perlu ditarik.






Cara Pakai Innova matic


Kalau jalan biasa sih pake "D" aja,jadi"3","2","L" normalnya sih ngga dipake.
Misal agan lagi kecepatan 40 transmisi di "D",trus agan mau nyalip mobil depan,dimasukin "2" aja biar giginya turun ke gigi 2 trus dapet tenaganya deh.
Soalnya klo posisi transmisi di "D",gigi 1 cuma dipake sampe kecepatan sekitar 15km/jam,gigi2 sekitar 30km/jam,selanjutnya kurang tau.Tapi klo transmisi di "D" terus pedal gansnya diinjek sampe mentok(Ini namanya "Kickdown") nanti giginya otomatis turun biar dapet tenaganya.
Secara waktu transmisi di "D",begitu RPM sampe 1500/2000 pasti langsung ganti gigi,klo di kickdown RPM sampe 5500 baru ganti gigi.


Tapi klo agan mau ubah posisi tuas transmisi dari "D" ke "3" atau "2" atau "L" dilihat dulu ya speedometernya,kecepatan agan berapa.
Setelah ane coba di Innova BENSIN(klo diesel kurang tahu gan) MATIC.
Top Speed:
Gigi 1= 40 Km/Jam@>5000RPM(Udah ane coba)
Gigi 2= 80 Km/Jam@>5000RPM(Udah ane coba)
Gigi 3= 120 Km/Jam@>5000RPM(Udah ane coba)
Gigi 4= 160 Km/Jam@>5000RPM(Estimasi)
Innova ane cuma pernah sampe 150km/Jam@>4000RPM,selebihnya ga kuat naek udah kecepatannya,padahal gas udah mentok.
Jadi jangan sampe waktu kecepatan 100km/jam,agan pindah transmisi dari "D" ke "2",udah pasti "Engine Over Run" dan klo udah "Engine Over Run" siap-siap keluarin banyak duid buat service tuh.


Klo yang demen kebut"an (balapan) ya dimaenin "L" "2" "3" sama "D"nya. Jadi kyk mobil manual,tapi tentunya ga pake kopling,awal pake "L" trus di gas sampe rpm udah 5000 an baru pindah di "2" dan seterusnya,klo abis rem ato kecepatan turun,diturunin lagi transmisinya.


Kalo mau ngebut (biasa) atau kalo jalanan luar kota di gunung yang belok-belok tajam naik turun (contohnya puncak atau rute garut-tasik) tuasnya di 3. Posisi 3 ini mobil ga terlalu ngeloyor karena perpindahan gigi di rpm yg lebih tinggi. Pas mau belok mobil jadi lebih bisa dikendalikan. Bisa juga di D tapi pegalaman saya ga gitu enak kecuali bawanya mau santai banget. Mobil lebih responsif jadi cocok juga untuk ngebut2an dalkot dibawah 80 km/jam. Ga cocok untuk di tol karena jadi boros. Top speed juga cuma sebatas kemampuan gigi 3 aja.

Gigi 2 dipake kalo jalannya turunan panjang dan gigi 3 terlalu ngeloyor. Jadi cukup di gigi 2 dan ga usah terus2an ngerem (bahaya kalo rem sampe overheat). Coba2 aja enak mana dengan di posisi 3. Kalo lalin agak kenceng ya di 3 aja.

Gigi 1 dipake kalo jalannya nanjak sekali, mobil full load dan mobilnya ga kuat nanjak kalo di posisi 2.

Gigi D, untuk 90% pemakaian sehari2. Paling bisa irit kalo bisa santai dan betul bawanya. Tapi kalo mau ngebut2an dalam kota sih lebih mending di 3 aja. Lebih boros dikit tapi lebih puas bawanya.

Tiap orang beda2 gaya berkendaranya, nanti lama2 juga ketemu enaknya pake posisi gigi yg mana untuk tiap2 situasi. Yg ga mau pusing sih di D aja, udah paling enak bisa menikmati nyetir, santai. tinggal gas rem. Kalo yg demen kebut2an ya ga cukup lah keadaan mesin std *racun*.



* hal-hal yg harus diperhatikan pengguna mobil matik:
1. ada dua jenis cara mengemudi mobil matik terutama bila akan mundur:
a. cara mengemudi kasar: transmisi di D lalu dipindah ke N, belum berhenti
benar langsung pindah ke R. ini disebut cara kasar karena akan mempengaruhi usia transmisi.
b. Cara halus, transmisi di D, lalu ke N, sampai berhenti benar lalu pindah
ke R, ini cara halus, memperpanjang usia transmisi.
2. Rutinitas penggantian oli transmisi, meskipun di buku disarankan mengganti setiap sekian ribu km, sangat disarankan diganti tiap 20ribu km.
3. Jangan sembarangan pakai gigi 3,2,1 jika tidak memerlukan, gigi2 tersebut diperlukan untuk naik (melewati tanjakan), bukan untuk percepatan.
4. Menurunkan gigi dari D ke 3/2 secara mendadak akan mengakibatkan kerusakan hebat pada transmisi, minimal adalah selang oli transmisi karena tekanan yang sangat tinggi selang bisa jebol (pengalaman neh gan).
5. kickdown transmisi matik toyota berbeda dg mobil lain (H***a,M....hi) responnya tidak secepat merek2 lain so jangan asal kickdown.

Numpang mejeng aja D4D manual







 


Tuning Untuk Innova D4D

DOWNPIPE (merk kansai recommend)
Mengapa harus ganti downpipe? Karena downpipw bawaan Innova nekuk 90 derajat yang akan menghambat pembuangan, dengan mengganti downpipe akan membuat gas buang lebih baik terlebih kalau kita menggunakan solar busuk. Bio solar kandungan ppm 3500 sedangkan innova harusnya minum solar dengan kandungan <500 ppm yang di dapat di DEX.
-->
Kanan Down Pipe asli bawaan mobil
Kiri = contoh custom Down Pipe

-->
Flange Down PipeKiri = bawaan asli mobil. Perhatikan ada tapak segitiga berwarna hitamKanan = flange dr custom down pipe yg sudah disesuaikan dgn bentuk lubang dari Turbocharge

-->
Lubang down pipe asli

 






Contoh lain DP utk Ipah
GANTI FILTER UDARA MERK K&N
SPECIAL PACKAGE: K&N Replacement untuk Innova/Fortuner/Everest
Setiap Air Filter K&N diperlukan minimum mantenance. Anda hanya perlu untuk membersihkannya setiap 50,000km (tergantung kondisi perjalanan anda). Pada setiap pembersihan anda hanya perlu mengunakan cleaner kit dan melumasi kembali dengan mengunakan Recharger Kit.
K&N Air Filter telah teruji dapat tahan cucian dan lumasan berulang kali (hasil test di K&N Louisiana)

                                                  
Mengapa K&N Air Filter perlu untuk pelumasan ulang?
Setiap K&N Air FIlter terbuat dari 4 - 6 lapisan bahan katun yang di press menjadi satu mengunakan kawat aluminum. Bahan katun inilah yang dilumasi dengan pelumas yang diformulasikan khusus untuk K&N Air Filters. Katun memberikan free flow udara yang masuk ke dalam engine namun di saat bersamaan katun yg terlumaskan memberikan filtrasi yang significant (lebih dari filter biasa) terhadap particle luar seperti debu.








-->



GROUND CABLE

Cara bikin grounding sendiri
pake bahan2 :
-kabel audio 1 atau 4 awg
-kepala aki yang oke
-socket terminal baut 10 atau 12
-pelat galvanis 2mm di krom lagi
-solder dan timah
-selang bakar

kabel audio dipasang ke socket terminal 10 (mobil gw pake baut 10 rata2) terus di solder di ujungnya yang ke terminal, panjangnya disesuaikan aja ma tempat pemasangannya. dua2nya dipasangin soket, karena yang satu buat dipasang ke aki satu lagi di grounding pointnya...
udah dipasang ke soketnya, terus dikasih selang bakar 10mm deh buat ngehindarin resiko korsleting. takutnya ada kabel (+) yang udah ngelupas terus kontak ma groundingnya kan bahaya tapi inget, bagian yang bolongnya jangan ditutup selang bakar juga.. ntar pasangnya gimana kalo ketutupan
pelat galvanisnya gw pasang di kutub (-) aki, langsung dibaut keatas kepala akinya. jadi ketutupan deh kepala aki aslinya
setelah semua jadi, pasang deh... kalo gw pasangnya ke :
-firewall kanan kiri
-tutup klep
-blok mesin bawah deket transmisi
-belakang headlamp kanan kiri
-chassis deket aki n' bagian seberang aki
-ujung satunya lagi ya pasti ke pelat yang udah nemplok ke kepala aki donk


waktu itu gw ngabisin sekitar 8 meter kabel 1 awg tuh, pengin puas sekalian

Tips memilih material dan pemasangan grounding mobil
materialnya pilih yang bener2 bagus menghantarkan listrik, misal kalo buat pelat ke dudukan (-) akinya bisa kuningan, galvanis juga oke, punya duit lebih pake emas lebih baik lagi kalo buat sisanya sih ya pinter2 milih bahan aja lah, kayak soket terminal ada yang murah ada yang mahal.. kira2 pilih mana ayoooo

Kesalahan umum grounding
gw belum pernah denger ya ada kesalahan grounding, palingan apes2nya jadi storing ke audio.. kalo di nissan gw kan gak pake audio sama sekali jadi gak takut
atau kalo ada yang baru bangun tidur masih belum ngumpul nyawanya langsung pasang2in ground nyambungin ke kutub (+) aki, itu juga kesalahan kali ya
secara pribadi gw belum pernah nemuin problem pasang grounding, gak tau kalo ada rekan2 disini yang pernah ngalamin..

jadikan satu langsung dgn terminal ground aki.

-->
GC ECU masuk lewat Firewall & jgn lupa dikasi gasket.


 

-->
GC ECU

DAN KASIH TAMBAHAN GROUND CABLE DI GEARBOX UNTUK YANG MATIC BIAR RESPON LEBIH BAGUS DAN HALUS (SMOOTH)

Panjangin selang Wastegate turbo 5cm:
berguna untuk percepat keluarnya turbo dan tarikan awal yang lebih berisi
-->
Selang wastegate dipanjangin 3 - 5 Cm (gunakan selang BBM 6 mm yg double braid & high temp)
end.
Poles bagian "mulut" pipa Turbo bentuk L (Bagian yg menghadap Turbo).
-->
Sebelum dipoles

-->
Bag tepi mulut bersudut 90 derajat

-->
Sesudah dipoles

Bagian tepi mulut

Sumber: mesin-diesel.dinogroups.com



Sebagai alternatif yang cukup murmer untuk mengatasi innova yg goyang-goyang:
- depan pakai shock toyota standar (IDR 625.000)
- belakang pakai procomp es9000 yg panjang 52cm (standar panjang       shock  ipah) (IDR 975.000)
- shock beli di garuda motor atrium senen (udah nett tuh)
- pasang shock di terminal per (IDR 160.000)

coba weekend ini berbagai rute dari kelapa gading sampai karawaci melewati berbagai jenis kondisi jalan dengan 4 org penumpang dan barang pindahan kos2san dgn hasil:
- polisi tidur suspensi belakang sdh tidak mentok
- jalan bergelombang/rusak, goyang2 hanya sedikit terasa dibagian depan
- kenyamanan sedikit lebih keras dari standar tapi no complain dari yg              manula  sampai yg muda
- jalan tol lari sampai 120 msh stabil, termasuk tikungan
Ingat agan2 ini hanya alternatif bagi yg low budget, klo mau lebih baik monggo pake bilstein atau hotbit.
Tambahan: Untuk per innova bisa gunakan per punya mercedes tiger yang depan ulirnya di potong 1.75 untuk di pasang shock belakang innova hasilnya lebih nyaman.

Banyak yang menginginkan agar Innova D4 D nya bisa lebih efisien daripada kondisi standard pabrik.
Berikut adalah daftar teknik tuning yang sudah terbukti berhasil memperbaiki efisiensi mesin D4 D, dimana teknik2 tuning ini mendukung terciptanya Eco driving, membuat tarikan awal menjadi lebih baik &  memungkinkan pergantian gigi di RPM yg lebih rendah. 

(Settingan yg recommend = mengikuti panah merah, tapi geser sedikitt aja)
TPS ke arah merah (sedikit) : respons mesin / tarikan awal lebih baik


Sumber: mesin-diesel.dinogroups.com


Throttle adjustment
 Panah ijo = Baut yg dikendorkan
Panah merah = arah penggeseran (clockwise & sedikit saja)
Sesudah digeser maka kencangkan baut2 kembali.
-->
Throttle adjustment : respons mesin saat start up (mobil mulai bergerak) lebih baik



Sumber: mesin-diesel.dinogroups.com


Injection Pump adjustment 
-->
(Injection Pump adjustment di atas hanya disarankan bagi yg mobilnya lebih banyak utk City driving / stop & go / main RPM rendah - menengah, sedang bagi yg sering keluar kota / sering main RPM tengah - tinggi tidak disarankan)
-->
Inj. Pump adjustment : akselerasi sejak RPM rendah yg lebih baik



sumber: mesin-diesel.dinogroups.com


Deflectors @ Air filter box 
-->
Bikin sendiri pake ganjal pintu merek Fixon
Berguna untuk memadatkan udara yang masuk.


sumber: mesin-diesel.dinogroups.com

Saluran intake pada tutup air filter, panah hijau = bagian yg dipotong




sumber 
-->
Wastegate's tubing 
-->
Wastegate tubing itu tengahnya pake selang yg lebih kecil, tujuannya agar wastegate membuka lebih lambat.
-->
Hanya saja tuning wastegate harap hati2, dulu pernah satu rekan coba pasang wastegate CT-20 di IHI Video dan akhirnya Turbo-nya KO.

Bila ingin mencoba sedikit menaikkan boost / membuat wastegate membuka lebih lambat ada baiknya diikuti penggunaan Down Pipe yg lebih proporsional, agar proses pelepasan panas (heat scavenging) di exhaust menjadi lebih cepat.


Aplikasi ring baut @ baut bracket wastegate



Panah merah = bagian Turbo
Panah hijau = bagian bracket wastegate
Panah biru = posisi pemasangan ring baut wastegate

Utk ring bisa gunakan 2 buah ring baut tipis uk. 10 atau 1 ring yg tebal utk setiap baut (jumlah baut @ bracket wastegate ada 2)


sumber: mesin-diesel.dinogroups.com

TUTUP EGR (DELETION KIT)
Fungsinya untuk tidak mencampurkan udara panas ke dalam mesin, dimana BBM (solar) kita paling rendah 100ppm untuk dex sedangkan 3500ppm untuk bio solar yang akan dengan menyumbat injector.
efek negatifnya emisi buang akan menjadi lebih buruk.
Biasanya berwarna orange

Lihat kan yang warna orange dan yg di kasih tanda


yang sudah terpasang (tp yg bukan warna orange)

Bukan yang orange
note:
Pasang tutup EGR cuman copot pipa EGR, lalu lubang di leher TB dan blok mesin ditutup, ingat itu pelat tipis-nya hrs dipasang lagi juga + kasih sealant yg di leher TB supaya gak rembes. (by Gajah_terbang)

Cara mudah tunning innova:
* Tutup EGR                               350.000
* Filter udara KNN                 1.500.000 (asli) / 800-900 kw
Downpipe                              2.100.000 (Kansai)      
* Ground cable                           250.000                  
* Piggy back                            3.500.000 (RCP2)pnp
* Fuel cooler (punya hiace)       450.000 blm pasang + slang
* Inter cooler (IC)                  4.500.000 - 5.500.000    

Bisa pasang satu persatu urut dari atas, kalau udah pasan semua jangan lupa upgrade rem. ^ - ^
                                                             


Ukuran ban 
Yang cocok untuk Innova 215/70R15 98S Bridgestone Dueler H/T. 
Atau
Coba BS ecopia katanaya lebih empuk dan ringan cuma belum pernah coba

Untuk yang suka macho bisa di jejali ban Yokoham Gelondar 235/70/15 at masih tetap stabil dan nyaman
Courtesy of IC 121 dan IC 373

Courtesy of IC 121 dan IC 373



Oli yang bisa bikin tarikan innova lebih siip
Oli gardan dan transmisi merk FK Pulse Gear Oil LSD GL5 75w90
Untuk oli gardan pakai 2,8liter. oli transmisi pakai 2,2liter jadi belinya 5liter.
Untuk tranmisi bisa GL 4 / GL 5, kalau gardan angka mati harus GL5 
Dan oli mesinnya pakai Mobil Delvac1 dan FK Massimo Diesel Dash recommended juga tu. 
* FK Massimo Diesel Dash 10w30 CF-4 410rb/4liter (FK Pulse lebih ekonomis. Tapi kalo FK Massimo Diesel Dash lebih enteng di mesin kan 10w30)
Penting juga diketahui bahwa kalo nurut kadar sulfur bio solar di indonesia yg masih 3500 ppm, ada baiknya memilih oli yg bukan MB 229,31 atau MB 229,51 krn oli dgn belakang 1 menandakan oli tersebut di peruntukkan untuk kandungan sulfur yg sangat sedikit sekali. Untuk kandungan sulfur bio solar yg mencapai 3500 ppm hendaknya memakai MB 229,3 atau MB 229,5(oli2 ini mengandung TBN yg tinggi, gunanya memerangi sulfur). 

* FK buat bensin ada FK Massimo Fresing 5w30 dan yg generik ada FK Pulse RS 10w40 dan Mobil super 2000 10w40.
kalo matic ganti oli gardan aja. Transmisinya pakai Oli matic T4 bro(kalo mau bagus flush tiap 20rb km, kalo ngirit tiap 40rb km flush.)

Kaca film depan
Untuk kaca film depan bisa pakai prefection black crystal 40% udah teruji bagus dengan harga jauh lebih murah +/- 1jt yang juga tidak mengganggu sinyal GPS dibanding v**ol dengan harga jauh diatasnya namun konon mengganggu sinyal dengan tolak panasnya setara prefection.

Talang air V luxury

Yang mau beli talang air punya V luxury dan gak tau no partnya
Part No: PZ0330K502TM








Yang mau bongkar dashboard sendiri
klik disini

Sebagian dari sini sumbernya